Punya Lubang Kamera, Lenovo Z5s Siap Hadapi Samsung Galaxy S10

loading…

Lenovo Z5s telah lulus sertifikasi oleh TENAA di China. Dengan demikian, rilisnya di pasar Asia bisa segera dimulai. Foto/ist

BEIJING – Lenovo Z5s bisa menjadi salah satu dari ponsel yang mengusung tren desain baru, yakni menempatkan kamera pada lubang kecil di atas layarnya. Menciptakan tampilan layar penuh, desain ini juga menyingkirkan tren takik yang dipopulerkan iPhone X.

Dalam upayanya menyingkirkan takik, sejumlah pabrikan China membuat inovasi baru. Misalnya menggunakan desain layar slide untuk menyembunyikan kamera selfie. Tapi ada sedikit keraguan bahwa solusi solid-state akan lebih baik guna menghadirkan tampilan layar penuh.

Itulah mengapa perusahaan seperti Samsung dan Huawei bekerja pada desain yang menghilangkan takik dengan membangun kamera menghadap ke depan ke layar. Konsep ini lebih dikenal sebagai punch holes.

Laman Phone Arena, Sabtu (1/12/2018), menilai solusi baru ini lebih baik untuk rasio layar-ke-tubuh. Meskipun mungkin memperkenalkan beberapa rintangan desain UI dan ini pun tergantung pada penempatan kamera.

Samsung Galaxy S10 akan memiliki kamera depan dengan konsep itu. Tapi Lenovo kemungkinan bakal mengalahkan raksasa teknologi Korea Selatan itu.

Kebocoran Weibo baru-baru ini yang ditemukan oleh akun Slash Leaks, mengungkap sebuah ponsel Lenovo baru. Ponsel yang diduga sebagai Z5 itu memiliki potongan (lubang) kamera menghadap ke depan pada bagian tengah atas layarnya.

Dari apa yang telah dilihat dari video hands-on yang bocor dan foto-foto Lenovo Z5, lubang kamera jauh kurang menonjol daripada takik. Pembukaan itu sendiri relatif kecil dan cocok dengan status bar, tanpa membuatnya terlalu besar.

Satu-satunya pertanyaan yang tersisa adalah haruskah kamera dipusatkan (diletakan di tengah) atau diimbangi ke sudut kiri/kanan? Samsung dan Huawei dikabarkan akan bekerja pada layar dengan lubang kamera di sudut kiri atas. Ini berpotensi menjadi penempatan kamera yang lebih baik karena cenderung tidak menghalangi elemen UI (tampilan antarmuka).

Meskipun tampilan berlubang menawarkan lebih banyak ruang daripada yang berlekuk, banyak orang khawatir bukaannya masih akan menghalangi konten di layar. Masalah ini kemungkinan akan ditangani dengan memperkenalkan fitur perangkat lunak yang membatasi konten, misalnya video atau game, agar tidak ditampilkan di bawah kamera.

Karena layar akan menjadi OLED, bar hitam mendapatkan sedikit bezel atas kembali ketika Anda membutuhkannya. Solusi sempurna? Tidak juga, tetapi ini adalah langkah selanjutnya menuju ponsel layar penuh.

Lenovo Z5s telah lulus sertifikasi oleh TENAA di China. Dengan demikian, rilisnya di pasar Asia bisa segera dimulai. Kamera selfie di layar tentu saja merupakan prospek yang menarik dan bisa menjadi jembatan antara takik dan ponsel layar penuh.

(mim)